My five months old, Chiwa, is sick. So, I took her to a vet. This is the first experience for her and me going to the vet. I met many dog’s lover today because Chiwa was the only cat patient this morning. She got three injection of infused water and calcium. I hope she get well soon.

Sudah seminggu lebih Chiwa, kucing mix Anggora dari Annisa berumur 5 bulan, sakit. Kaki belakangnya gak bisa menumpu dia berjalan. Jadi tiap 2-3 langkah pasti jatuh. Kadang membaik, kadang memburuk. Karena aku gak tega, tadi pagi aku dan Mama langsung bawa Chiwa ke dokter hewan terdekat. Dokter hewan Martina, di jalan Mandala Selatan no.39, Tomang, Jak-bar.

Penanganannya sangat detail dan aku sebagai ‘ibu’ pasien ngerasa puas. Pertama, Chiwa ditimbang. Berat badannya 1.4kg. Lalu, dimasukkan termometer ke anusnya. Dokter memberi tahu kalau di dalam kotorannya Chiwa ada darah dan banyak bakteri (hasil kotorannya langsung dicek melalui mikroskop saat itu juga). Dokter mendiagnosa kalau Chiwa sensitif dengan makanan manusia. Jadi harus dikasih makanan kucing aja macam Wh*skas. Lalu, Chiwa diberi cairan infus (the real infuse water, hahaha) dan kalsium dengan cara menyuntik Chiwa. Hiks~ gak tega karena aku harus megangin dia sementara dokternya menyuntikkan cairan tersebut tiga kali suntikan!!! Untungnya Chiwa kalem dan gak berontak tapi tetep ngeong sih. (Mungkin ini rasanya kalo punya anak sakit, hehehe lebay)

Sambil memeriksa Chiwa, dokternya pun memberi saran dan tips dalam merawat kucing ‘manja-berbulu-panjang’ ini.

Berikut SARANnya:

MATA: untuk merawat mata yg belekan, gunakan kapas yang dibasahi pembersih softlens. Usapkan saat mata tertutup. Boleh juga meneteskan cairan pembersih softlens ke mata kucing Anda karena cairan tersebut selain berfungsi membersihkan juga melembabkan.

TELINGA: cukup bersihkan dengan cotton bud. Btw, kata dokternya kalo telinganya hitam ada kemungkinan kutu di telinganya.

BULU: karena Chiwa bulunya panjang, sebisa mungkin disisir setiap hari supaya tidak terjadi yg namanya hair ball.

MEMANDIKAN: kalau kucingnya sehat mandikan sebulan sekali itu cukup. Tapi kalo lagi mencret kaya Chiwa gini, bersihkan tiap hari bagian tubuh bawahnya. Air bilasannya diberi PEMUTIH. karena berfungsi diinfektan. Lebih aman misalnya terjilat oleh si kucing. Kalau bisa mengepel lantai pakai pemutih aja lebih aman buat si kecil berkaki empat.

That’s all. Moga membantu~
😸

View on Path

Advertisements